Masjid Terbuat dari Sagu

Anda berlokasi di semarang dan sedang mencari tempat sewa bus semarang, silakan jalan-jalan di tempat kami atau bisa kontak kami ke nomor yang ada di website kami di buspariwisata.org selamat berwisata.

Ada yang pernah ke Maluku?? Ya ada berita nih, nih masjid terdapat di Maluku tengah dan nama Masjidnya Wapauwe di Kaitetu, unik ya mengapa masjid ini terbuat dari sagu konon pasti ada ceritanya. Masjid ini sudah lama berdiri sejak abad ke-14. Sayang ya kalau tidak di rawat karena peninggalan yang berharga sekali ini.

Menurut cerita orang Maluku sendiri bahwa masjid ini dahulunya ada di atas bukit di desa Tehala terus masyarakat Tehela berpindah ke desa Kaitetu yang jauh sekali tentunya masjid ini tinggal tidak mungkin ya di bahwa tapi anehnya masjid ini berpindah sendiri secara ghaib asal mulanya dari Tehela pindah ke Kaitetu karena penduduknya mengungsi masjidnya juga ikut pindah tapi ini mungkin terasa aneh kenapa Masjid bisa berpindah sendiri, menurut mitos orang setempat bahwa sesudah berpindah dari desa Tehela ke Kaitetu keesokan harinya masjid sudah berpindah dengan sendirinya.

Sampai saat in Masjid Wapauwe masih digunakan tempat ibadah walaupun masjid ini jauh dari perkotaan tapi jamaahnya banyak sekali dan banyak juga para musafir yang singgah di masjid ini karena melihat keunikannya dan merasakan bagaimana rasanya shalat ada di masjid yang terbuat dari sagu.

Dan masjid ini berdiri tanpa adanya paku, semen dan bahan material yang semestinya dalam bangunan-bangunan masjid, Masjid Wapauwe ini sendiri berdinding dengan gaba-gaba atau pelepah sagu yang sudah di keringkan. Dan atapnya di selimuti daun rumbia yang di rawat dengan baik, bangunan masjid ini hanya berukuran sekitar 10 x 10 meter terus di tambah lagi dengan ukuran 6,35 x 4,75 meter.

Banyak wisatawan yang berkunjung ke Masjid Wapauwe dan di manjakan oleh masyarakat sekitar karena keramahan masyarakat Kaitetu. Sehingga memberikan kesan tersendiri bagi para pelancong yang singgah di Masjid ini.

Untuk melindungi masjid ini agar tidak di telan usia yang sangat tua perlu adanya penjagaan agar masjid yang ada di Maluku ini bisa terawat

Posted on July 18, 2012, in Artikel Islami. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: