Gerhana Bulan Total 16 Juni 2011

Gerhana Bulan atau tepatnya Gerhana Bulan Total akan terjadi di Indonesia, tepatnya pada Kamis dini hari (16 juni 2011), bertepatan 14 Rajab 1432 H. Gerhana Bulan total akan terjadi dan dapat disaksikan di Indonesia. Gerhana bulan terjadi mulai pukul 01.25 WIB dan total pada 02.25 WIB nanti. Kemudian maksimum gerhana total di mana bulan seluruhnya ditutupi bayangan bumi akan terjadi pada pukul 03.14 WIB. Gerhana baru berakhir bertepatan dengan adzan subuh pukul 05.04 WIB.

Berdasarkan publikasi NASA, totalitas atau kondisi saat Bulan tak tampak sama sekali akan berlangsung selama 100 menit, dari pukul 02.22 WIB hingga pukul 04.02 WIB. Gerhana Bulan Total 16 Juni 2011 ini merupakan gerhana terlama dalam satu abad terakhir, yaitu akan terjadi selama 100 menit.

Di wilayah Indonesia, Gerhana Bulan atau gerhana bulan total akan terlihat dari berbagai daerah. Di bagian barat Indonesia, gerhana akan terlihat pada pukul 01.25 WIB hingga 05.04 WIB, sementara pada pukul 02.25 sampai totalnya pada pukul 03.14 WIB bulan secara penuh akan tertutup.

Fenomena alamat Gerhana Bulan kali ini menurut rencananya akan disiarkan secara langsung lewat internet oleh Observatorium Bosscha bersama jaring pengamatan hilal dan pemerintah yang bakal melakukan uji coba streaming baru.

Adapun kerjasama untuk menyiarkan secara langsung Gerhana Bulan Total kali ini melibatkan Observatorium di Yogyakarta, Aceh, Pekanbaru, Lapan di Pameungpeuk, dan Mataram.

Sementara itu menjelang 1 Ramadhan atau puasa, momen gerhana juga akan dipakai untuk uji coba penghitungan hisab. Adapun bagi para astronom, gerhana bulan total bisa dimanfaatkan untuk melihat tingkat kebersihan atau kekotoran atmosfer.

Dari segi dampak Gerhana Bulan kali ini terhadap bumi, menurut berbagai informasi yang beredar di internet hanya akan berdampak kepada pasang surut air laut. Sementara pada tahun ini juga bisa disaksikan Gerhana Bulan Total lainnya dari Indonesia, tepatnya pada 10 Desember 2011 mendatang.

Perbedaan antara Gerhana Total Desember nanti, diperkirakan waktu mulainya akan terjadi pada pukul 19.46 WIB. Sementara total gerhana akan terjadi pada pukul 21.04 WIB dan akan berakhir pada 23.17 WIB.

Munculnya fenomena alam ini harus dijadikan momentum umat muslim untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. “Selain itu, saatnya kita memanjatkan istighfar dan berdo`a kepada Allah SWT”.

Bagi Anda yang ingin menyaksikannya secara langsung gerhana bulan juni 2011 namun enggan keluar rumah, bisa menikmati live streaming di website menkominfo dan juga bosscha. Untuk website Kominfo di depkominfo.go.id atau bisa dilihat di bosscha.itb.ac.id

Sumber : http://www.sakeena.co.cc

Posted on June 16, 2011, in Artikel Islami. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: